Selamat membaca
Laptop Kesiram Air ?, Inilah Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan
semoga bermanfaat ^_^

.



Diberdayakan oleh Blogger.

Laptop Kesiram Air ?, Inilah Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan

Laptop Kesiram Air ?, Inilah Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan

Ketika sedang beraktifitas didepan laptop kita pastinya sering menyuguhkan paling tidak secangkir minuman dan makanan ringan yang menambah asyiknya online atau mengerjakan pekerjaan lain dengan laptop tersebut. Trik ini ditulis saat ada teman yang laptopnya diguyur air oleh adiknya... tak terbayang laptopnya waktu dimandiin si adik... :D

Kalau sudah begitu, yang pertama dilakukan adalah jangan panik dulu yaa...., ikuti langkah langkah dibawah ini.

Berikut adalah beberapa hal yang wajib dilakukan jika laptop kita kena air, khususnya di bagian bagian yang memungkinkan air merembes masuk seperti misalnya di bagian keyboard.

  • Segera matikan laptop dengan cara mencabut power adaptor/charger  dan baterai untuk mencegah terjadinya korsleting pada rangkaian dalam laptop.
  • Lepaskan semua perangkat yang terhubung ke laptop untuk mengantisipasi bilamana terjadi korslet maka tidak merembet ke perangkat lainnya.
  • Segera balikkan laptop sehingga air yang mungkin untuk bisa turun tidak keburu menyebar ke bagian internal lain di dalam laptop. Tapi kalau sudah terlanjur banyak air yang masuk ke dalam, mau tidak mau harus membongkar bagian laptop, khususnya usahakan untuk bisa membuka keyboard karena bagian tersebut pastinya adalah yang paling mungkin menjadi tempat merembesnya air. Selain itu dengan membongkar bagian laptop akan memudahkan udara masuk ke dalam sehingga mempercepat proses pengeringan air.
  • Gunakan kain yang memiliki daya serap yang tinggi untuk mengangkat air pada bagian yang bisa dijangkau dan untuk bagian yang sulit dijangkau bisa menggunakan cotton buds.
  • Pada kasus laptop yang ketumpahan kopi atau cairan lain yang memungkinkan meninggalkan ampas, gunakan cotton buds untuk benar benar membersihkannya ini karena ampasnya bisa saja menahan air untuk tetap berada di dalam bagian internal laptop.
       
  • Masih dalam laptop dengan keadaan terbuka, angin anginkan laptop tersebut supaya proses pengeringan lebih cepat.
      
  • Jika sudah yakin sudah kering maka pasang kembali bagian bagian laptop dan coba untuk menghidupkan laptop tersebut apakah bisa nyala atau tidak. Kalau laptop tersebut tidak nyala segera hubungi service center sampaikan kepada teknisinya bahwa laptop tadi  kena air agar memudahkan teknisi melakukan proses perbaikan.
Bagikan artikel ke :

Buku Tamu

Kumpulan Artikel

Artikel Populer

Template Oleh trikmudahseo